Jumat, 02 Desember 2011

Tugas Bloggerr KKPI



1.Sebutkan macam – macam jarinan computer dibawah ini:

  1. LAN

          
          Local Area Network adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

            Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

            Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

            Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

  1. WAN
               

            Singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.


C. MAN



       

        

            Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.


2. Sebutkan keuntungan dan kerugian jaringan computer!

    Keuntungan dari jaringan komputer, yaitu:

Ø  Dapat saling berbagi (sharing) sumber daya peralatan (devices) secara bersama seperti harddisk, printer, modem, dan lain sebagainya. Dengan demikian terjadi peningkatan efisiensi waktu dalam operasi dan biaya pembelian hardware.
Ø  Dapat saling berbagai (sharing) penggunaan file yang ada pada server atau pada masing-masing workstation.
Ø  Aplikasi dapat dipakai bersama-sama (multiuser)
Ø  Akses ke jaringan memakai nama, kata sandi, dan pengaturan hak untuk data-data rahasia, sehingga masing-masing pengguna memiliki otorisasi.
Ø  Komunikasi antar pemakai melalui email atau LAN Conference.
Ø  Pengontrolan para pemakai ataupun pemakaian data secara terpusat dan oleh orang-orang tertentu, sehingga meningkatkan keamanan dan dapat melakukan pendelegasian pekerjaan yang sesuai.
Ø  Mudah dalam melakukan backup data, karena manajemen yang tersentralisasi.
Ø  Tidak tergantung kepada orang yang menyimpan data (apabila orangnya tidak ada) karena pennyimpanan data tersentralisasi
Ø  Data yang selalu up to date karena server senantiasa memutakhirkan data begitu ada input (data entry) diterima.
Ø  Seorang supervisor/ administrator dapat melakukan pengontrolan pemakai berdasarkan waktu akses, tempat akses, kapasitas pemakaian hard disk, mendeteksi pemakai yang tidak berhak, monitor pekerjaan setiap pemakai.
Ø   Manajemen sumber daya lebih efisien.
Ø  Mempertahankan informasi agar tetap handal dan up-to-date.
Ø  Membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
Ø  Memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien
Ø  Membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

    Kerugian dari jaringan komputer, yaitu:

Selain keuntungan yang terdapat pada sistem jaringan komputer, juga masih terdapat kerugian yang ditimbulkan, diantaranya :
  • Manajemen perangkat keras dan administrasi sistem.
  • Sharing file yang tidak diinginkan. “With the good comes the bad”.
  • Aplikasi virus dan metode hacking.
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja.
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Server dijaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.
Keunggulan
  • Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation.
  • Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.
  • Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.
Kelemahan
v  Biaya operasional relatif lebih mahal.
v  Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
v  Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.


3. Perbedaan topologi jaringan bus, ring, star
v TOPOLOGI BUS

Suatu topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.
Kesulitan utama dari penggunaan kabel sepaksi adalah sulit untuk mengukur apakah kabel sepaksi yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node.).
Pada topologi bus dua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan men tap Ethernetnya sepanjang kabel.
Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.

Ciri-ciri Topologi Bus:

  1. Teknologi lama, dihubungkan dengan satu kabel dalam satu baris
  2. Tidak membutuhkan peralatan aktif untuk menghubungkan terminal/komputer
  3. Sangat berpengaruh pada unjuk kerja komunikasi antar komputer, karena hanya bisa digunakan oleh satu komputer
  4. Kabel “cut” dan digunakan konektor BNC tipe T
  5. Diujung kabel dipasang 50 ohm konektor
  6. Jika kabel putus maka komputer lain tidak dapat berkomunikasi dengan lain
  7. Susah melakukan pelacakan masalah
  8. Discontinue Support.


Keunggulan Topologi Bus
·        Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.
Kelemahan Topologi Bus
·         Bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
     Kelebihan Topologi Bus
v  Topologi yang banyak di gunakan di awal penggunaan jaringan computer karena topologi yang paling sederhana di banding dengan topologi lainnya.
v  Komputer di hubungkan antara satu dengan lainnya dengan membentuk seperti barisan melalui satu single kabel .
     Kekurangan Topologi Bus
ü  Hanya satu computer yang dapat mengirimkan data yang berupa sinyal elektronik ke semua computer dalam jaringan tsb,dan di terima oleh satu computer yang di tuju.
Oleh karena hanya satu computer saja yang dapat mengirimkan data dalam satu saat jumlah computer sangat berpengaruh dalam unjuk kerja. Semakin banyak jumlah computer semakin banyak computer akan menunggu giliran untuk bias mengirim data dan efeknya untuk kerja jaringan akan menjadi lambat.
Sinyal yang di kirimkan oleh satu computer akan di kirim keseluruh jaringan dari ujung satu sampai ujung lainnya. Jika kabel terputus maka semua jaringan computer terganggu dan tidak bias berkomunikasi satu dengan yang lainnya.


ü TOPOLOGI RING


                      

Suatu topologi jaringan yang berupa lingkaran tertutup yang berisi node node. Signal mengalir mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision sehingga memungkinkan terjadinya pergerakan data yang sangat cepat.

      Semua komputer saling tersambung membentuk lingkaran. Data yang dikirim diberi adress tujuan sehingga dapat menuju komputer yang dikirim.Tiap stasiun (komputer) dapat diberi repeater yang berfungsi sebagai :

Ø  Listen state: Tiap bit dikirim kembali dengan mengalami delay waktu.
Ø  Transmit Rate: Bila bit yang berasal dari paket lebih besar dari ring maka repeater akan mengembalikan ke pengirim. Bila terdapat beberapa paket dalam ring , repeater yang tengah memancarkan, menerima bit dari paket yang dikirimnya harus menampung dan memancarkan kembali.
Ø  Bypass State: Berfungsi untuk menghilangkan waktu dari stasiun yang tidak aktif.


Keuntungan Topologi Ring
§  Kegagalan koneksi akibat gangguan media dapat diatasi lewat jalur lain yang masih terhubung.
Kelebihan Topologi Ring
v  Menghubungkan secara langsung dua perangkat dalam jaringan.
v  Identifikasi kerusakan mudah karena sinyal data selalu bergerak lurus dari perangkat pengirim sampai perangkat tujuan.
v  Dalam proses instalasi dan rekonfigurasi secara fisik maupun ligik mudah karena terhubung satu dan hanya satu dengan oerangkat lainnya.
Kekurangan Topologi Ring
Ø  Sinyal akan semakin melemah apabila jarak yang di tempuh untuk mencapai tujuan semakin jauh.
Ø  Untuk mengatasinya maka dilengkapi repeater.
Ø  Tidak berfungsinya satu link akan mempengaruhi link lainnya.

·        TOPOLOGI STAR

        
Suatu topologi jaringan yang paling sering digunakan yang menghubungkan komputer-komputer melalui media kabel yang terpisah ke suatu unit pusat, biasanya berupa HUB ataupun switch. Saat ini topologi star yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer di dalam suatu departemen atau kelompok kerja.
 Pada topologi star, kendali terpusat dan semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut ke semua simpul atau komputer yang dipilihnya. Simpul pusat disebut dengan stasiun primer atau server dan bagian lainnya disebut dengan stasiun skunder atau client.
Pada Topologi star, koneksi yang terganggu antara suatu node dan hub tidak mempengaruhi jaringan. Jika hub terganggu ( rusak ) maka semua node yang di hubungkan ke hub tersebut tidak dapat saling berkomunikasi. Node adalah Titik suatu koneksi atau sambungan dalam jaringan, sedangkan hub berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dan meneruskan kesemua komputer yang terhubung dengan hub.
Keuntungan Topologi  Star
*      Fleksibelitas tinggi.
*      Penambahan atau perubahan komputer sangat mudah dan tidak menganggu bagian jaringan lain, yaitu dengan cara menarik kabel menuju hub.
*      Kontrol terpusat sehingga mudah dalam pengelolaan jaringan.
*      Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan atau kerusakan, jika terdapat salah satu kabel yang menuju node terputus maka tidak akan mempengaruhi jaringan secara keseluruhan. Hanya kabel yang putus yang tidak dapat digunakan.
*      Jumlah pengguna komputer lebih banyak daripada topologi Bus
*      Kerusakan atau kegagalan koneksi pada salah satu komputer atau potongan kabel tidak akan membuat down jaringan secara keseluruhan, tidak berpengaruh terhadap node yang lain. Peralatan jaringan terpusat dapat mengurangi biaya selama penggunaan dan pengelolaan jaringan menjadi lebih mudah.
*      Memungkinkan beberapa jenis kabel digunakan dalam jaringan yang sama, memanfaatkan HUB atau switch yang dapat mengkomodasi berbagai jenis kabel.
Kerugian Topologi Star
·        Kerusakan pada HUB pusat akan menyebabkan kegagalan koneksi atau masalah pada jaringan di mana HUB tersebut berada, secara keseluruhan.
·        Pembangunan topologi ini sedikit lebih mahal daripada pemanfaatan topologi bus.
Kelebihan Topologi Star
  1. Topologi star tidak langsung terhubung satu sama lain tetapi melalui perangkat pusat pengendali yang di sebut HUB.
  2. Kabel yang di butuhkan hanya sebanyak computer dalam jaringan dan I/O cukup hanya satu di setiap computer,kabel link dan port I/O lebih sedikit dan biaya lebih sedikit dari pada topologi mesh.
  3. Memiliki sifat robustness yaitu jika satu link rusak maka hanya pada computer yang berada pada link tsb.
Kelemahan Topologi Star
1. Boros kabel
2. Perlu penanganan khusus
3. Jika Hub Rusak maka jaringan yang berada dalam satu hub akan rusak.
4. Kondisi HUB harus tetap dalam kondisi baik, kerusakan HUB berakibat lumpuhnya seluruh link dalam jaringan sehingga computer tidak dapat
5. Memiliki sifat robustness yaitu jika satu link rusak maka hanya pada computer yang berada pada link tsb.

4.Cara Memulai koneksi ke Internet

Cara Memulai Koneksi ke Internet

untuk dapat melakukan koneksi ke internet, secara umum langkah-langkah yang perlu disiapkan adalah:
1. Siapkan seperangkat PC
2. Modem (Modulator Demodulator)
3. Koneksi ke internet melalui penyedia layanan akses internet atau ISP (Internet Service Provider)

5. Langkah menyimpan dan mencetak halaman WEB


Ø  Di internet explorer, klik menu files lalu pilih save as.
Ø  Tentukan lokasi penyimpanan dalam save in.
Ø  Pada kotak file name ketik nama file, klik save untuk memulai menyimpan.

Menyimpan Semua atau Sebagian dari Halaman Web

Untuk menyimpan halaman secara keseluruhan di Firefox:
  1. Pilih Berkas > Simpan Halaman dengan Nama. Anda akan melihat kotak dialog Simpan dengan Nama.
  2. Pilih lokasi untuk menyimpan halaman tersebut.
  3. Pilih format halaman yang ingin Anda simpan:
    • Halaman Web, Lengkap: Simpan seluruh halaman web berikut gambarnya. Dengan memilih pilihan ini Anda dapat menampilkan lagi halaman web sebagaimana aslinya, lengkap dengan gambar. Namun, bisa jadi hal ini berakibat struktur tautan HTML berubah tidak seperti halaman aslinya. Firefox juga mungkin menciptakan direktori baru di tempat halaman tersebut disimpan untuk meletakkan gambar dan berkas-berkas lain yang diperlukan untuk menampilkan halaman web secara keseluruhan.
    • Halaman Web, HTML Saja: Simpan halaman asli tanpa gambar. Pilihan ini mempertahankan struktur tautan HTML asli di dalam satu berkas.
    • Berkas teks: Simpan halaman asli sebagai sebuah berkas teks. Pilihan ini tidak akan mempertahankan struktur tautan HTML asli, namun anda dapat melihat versi teks halaman web di program penyunting berkas teks apapun. Ketik nama berkas untuk halaman tersebut dan klik Simpan.
Untuk menyimpan sebuah bingkai di dalam halaman web:
  1. Posisikan kursor mouse di dalam bingkai.
  2. Tekan Ctrl dan klik padaKlik kanan pada bingkai untuk membuka menu pop-up.
  3. Pilih Bingkai Ini > Simpan Bingkai dengan Nama dari submenu. Anda akan melihat kotak dialog Simpan dengan Nama.
  4. Pilih lokasi untuk menyimpan halaman.
  5. Pilih format untuk halaman yang ingin Anda simpan.
  6. Ketik nama berkas untuk halaman tersebut dan klik Simpan.
Dengan menyimpan berkas ke dalam drive disk Anda, Anda dapat melihat halaman selagi tidak terhubung ke Internet.

Untuk menyimpan gambar dari halaman:
  1. Posisikan kursor mouse di atas gambar.
  2. Klik kanan padaTekan Ctrl dan klik pada gambar untuk mengeluarkan menu pop-up.
  3. Pilih Simpan Gambar dengan Nama. Anda akan melihat kotak dialog Simpan Gambar.
  4. Pilih lokasi untuk menyimpan gambar.
  5. Ketik nama berkas untuk gambar tersebut dan klik Simpan.
Untuk menyimpan halaman tanpa ditampilkan:
  1. Posisikan kursor mouse di atas tautan ke halaman tersebut.
  2. Klik kanan padaTekan Ctrl dan klik pada tautan untuk mengeluarkan menu pop-up.
  3. Pilih Simpan Tautan dengan Nama. Anda akan melihat kotak dialog Simpan Sebagai.
  4. Pilih lokasi untuk menyimpan halaman.
  5. Ketik nama berkas untuk halaman tersebut dan klik Simpan.

CARA MENYIMPAN HALAMAN WEB

Ketika kita menjumpai halaman web dengan artikel yang menarik, dan ingin disimpan penuh termasuk gambarnya, maka pada umumnya bisa digunakan menu standard : File > Save as ( Internet Explorer atau Opera ) atau Save Page as ( Mozilla Firefox ) kemudian dibagian save as type dipilih Web Page, Complete, sehingga seluruh halaman web akan tersimpan. Tetapi hal ini ada beberapa kelemahan, yaitu banyaknya file yang akan ikut tersimpan dan jika ada satu image yang loading (tampil) nya lama, maka sering halaman web tidak bisa tersimpan. Adakah alternatif atau cara lain yang lebih baik ?

save-web-page
Berikut beberapa alternatif atau cara lain jika kita ingin menyimpan penuh satu halaman web.

Menyimpan dalam web archive

Bagi pengguna Opera mungkin sudah tidak asing dengan fasilitas ini. Kita dapat menyimpan satu halaman penuh termasuk gambar yang ditampilkan dalam sebuah file saja ( Web Archive ), yang bisa ditampilkan di web browser secara offline. Caranya melalui menu File > save as, kemudian dari window yang tampil dipilih tipe ( bagian Save as type ) web archive ( single file), file nantinya akan tersimpan dalam format *.mht ( Multipurpose Internet Mail Extension HTML / MHTML / MHT ) . Bagi pengguna Internet Explorer, mulai versi 7 fasilitas ini juga telah tersedia, yaitu ketika menyimpan halaman memilih tipe Web Archive, single file ( *.mht).

Menyimpan dalam format pdf

Hal ini sangat berguna jika kita ingin menghasilkan satu halaman web dalam bentuk pdf. Bagaimana caranya ? Gunakan saja software gratis seperti PDF Creator, CutePDf, PrimoPDF dan sejenisnya. Bisa dilihat artikel : Membuat dokumen PDF gratis dan mudah. Jika software ini sudah diinstall, kemudian kita ingin menyimpan halaman dalam format pdf, tinggal memilih menu File > Print, kemudian pada bagian Printer – Name dipilih software pdf yang telah diinstall, misalnya CutePDF, PDF Creator atau lainnya lalu klik Print. Dengan aplikasi ini kita bisa mencetak apa saja dan dari tampilan apa saja ( asal ada menu Print ) dalam format Pdf. Sepertinya Mozilla Firefox 3 nantinya akan menyertakan fasilitas save as pdf sedangkan browser Safari sudah menyertakan fasilitas ini sejak awal.

Menyimpan dalam format Image

Hal ini mungkin jarang kita ketahui, dengan fasilitas ini kita bisa menyimpan tampilan web dalam image. Untuk bisa melakukan hal ini, diperlukan browser Mozilla Firefox dan tambahan plugins, salah satunya yang bernama Save as image. Install plugin dari sini. Setelah diinstall dan Firefox di restart (jalankan ulang), akan tampil sub menu tambahan “Save Page As Image”, tinggal dipilih menu File > Save Page As Image. Maka akan tampil image yang akan disimpan dengan beberapa pilihan Style, area dan output (Format dan Quality). Kita bisa memilih format PNG, JPG atau GIF.

save-as-image

Bisa juga menyimpan dalam format image dengan aplikasi screenshot, seperti SnagIT dan sebagainya, tetapi hal itu kurang praktis.

              
LANGKAH-LANGKAH MENCETAK HALAMAN WEB

·         Pilih menu file pada menu bar kemudian klik print.
·         Setelah itu akan tampil kotak dialog print.Anda dapat memilih jenis printer yang akan digunakan serta jumlah dan halaman yang akan diprint pada select printer.
·         Kemudian klik button print pada bagian bawah kotak dialog untuk mencetak file.

Untuk mencetak halaman yang sedang ditampilkan:
  • Pilih Berkas > Cetak.
Untuk mencetak teks yang dipilih saja:
  • Pilih teksnya pada halaman yang sedang ditampilkan.
  • Pilih Berkas > Cetak. Kotak dialog cetak akan tampil.
  • Di bawah Jangkauan Cetak, klik Pilihan.
Penyusun halaman web dan pengaturan ukuran halaman cetak akan menentukan penempatan isi pada halaman cetak, bukan mengikuti ukuran layar jendela. Teks dan grafik akan ditata ulang untuk disesuaikan dengan ukuran kertas.


CARA MENCETAK HALAMAN WEB

Ø  Pilih menu file pada, menu bar,klik print
Ø  Setelah itu akan tampil kotak dialog Print
Ø  Anda dapat memilih jenis Printer yang akan digunakan serta jumlah dan halaman yang akan diprint pada select printer
Ø  Klik button print pada bagian bawah kotak dialog untuk mencetak file.

1. Pertama-tama Aktifkan internet Explorer, Buka halaman web yang diinginkan, misalnya www.e-dukasi.net pilih salah sat pada website tersebut :


2. klik yang ingin anda rekam misalnya: Klik SMA lalu cari sendiri yang perlu di rekam.



3. Ingin menyimpan halaman web tersebut, Pilih dan klik menu file, save as kotak dialog Save Web. Dan Page HTML document akan di tampilkan, seperti berikut :

4. Pada tombol daftar save in, pilih dan klik drive dan folder yang ingin di gunakan

5. Apabila kalian ingin mengubah nama Pada kotak isian File name, ketik nama file yang diinginkan misalnya Halaman Utama


6. Klik Tombol Save untuk menyimpan file tersebut, tunggu hingga proses penyimpanan halaman web (download) selesai.


sesudah menyimpan halaman web, apabila kalian ingin mencetaknya juga
Kita dapat mencetak informasi yang terdapat di halaman web ke dalam bentuk dokumen cetak. Dengan demikian kita dapat membaca dokumen tersebu tanpa harus menghidupkan computer angkah-langkah untuk mencetak halaman web adalah sebagai berikut

7. Dari menu file, klik print,kotak dialog akan di tampilkan seperti ini :


8. klik print, kotak dialog print akan di tampilkan seprti ini :

9. Pilih printer yang digunakan yang seuai dengan printer yang anda pakai di rumah, apabila tidak anda tak akan bisa ngeprint


10. Atur percetakan halaman web yang akan dilakukan, ini di gunakan apabila kalian ingin print halaman web tersebut

6. CARA KERJA DAN ETIKA PENULISAN E-MAIL

 

·       CARA KERJA E-MAIL

Sama halnya dengan surat biasa (snail mail) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah email masuk ke beberapa komputer lain di sepanjang jaringan internet. Komputer-komputer itu disebut dengan email server. Ketika email tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan (seperti yang ditunjuk pada alamat email - kepada siapa kita menulis email) email tersebut disimpan pada sebuah emailbox. Si pemilik alamat email baru bisa mendapatkan email itu kalau yang bersangkutan mengecek emailbox-nya. Jadi, tidak benar kalau dibayangkan bahwa untuk bisa menerima email kita harus terhubung terus menerus dengan internet.

Untuk bisa menerima email kita mesti memiliki sebuah account pada suatu email server, yang tentu berada pada sebuah ISP (Internet Service Provider). Ini sama dengan bila kita memiliki alamat rumah kita. Hanya bedanya, bila pada snail mail kita hanya bisa menerima surat manakala kita berada di alamat kita, sedangkan pada email, kita bisa menerimanya di mana saja kita berada. Misalnya saya bisa mengecek email-email yang datang ke alamat email saya tomita@bdg.centrin.net.id - yang normal-nya saya buka di Bandung, ketika saya sedang berada di Bali atau di Amerika sekalipun. Bagaimana hal ini bisa dijelaskan ? Hal itu bisa dilakukan karena bila kita bisa mengkontak sebuah email server di mana kita punya account email, maka kita bisa mengambil / men-download semua email yang ditujukan kepada alamat email yang kita miliki. Untuk itu kita mesti memperhatikan protokol penerimaan dan pengiriman email.

Protokol di sini maksudnya adalah sebuah prosedur standard untuk mengatur transmisi data di antara komputer-komputer. Untuk pengiriman, protokolnya adalah SMTP, singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol; untuk penerimaan, protokolnya adalah POP singkatan dari Post Office Protocol. Setiap email server memiliki SMTP dan POP yang berbeda-beda. Bila kita bisa menguasai cara mengontak SMTP dan POP dari lokasi yang berbeda, sebenarnya ini bisa mengatasi masalah kepemilikan komputer dan koneksi internet. Bila kita tidak memiliki sendiri komputer dan koneksi ke internet, kita masih bisa men-download email yang ditujukan kepada alamat email kita. Alternatif untuk itu misalnya (1) menggunakan email client yang mampu menangani lebih dari satu account (multiple account) bisa saja kita nebeng komputer teman atau komputer kampus; atau (2) men-download email di cybercafe atau rental-rental komputer yang kini bertebaran di mana-mana.

Anatomi Alamat Email

Bilamana kita membaca alamat sebuah snail mail, kita bisa membayangkan seberapa jauh lokasi si pengirim surat dari kita. Pertanyaannya adalah, apa yang bisa kita pahami dari sebuah alamat email ? Alamat email terdiri dari dua bagian yang dipisahkan dengan tanda axon / @. Misalnya alamat: tomita@bdg.centrin.net.id Di sebelah kiri @ disebut user name (tomita), yang menunjuk pada identitas si pemilik alamat email. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. User name juga menjadi nama bagi emailbox yang dimiliki seseorang di sebuah mail server. Di sebelah kanan @ (bdg.centrin.net.id) disebut domain name, yang menunjukkan identitas mail server di mana seorang user memiliki emailbox.

Domain name biasanya menunjukkan nama perusahaan atau organisasi pemilik sebuah account. Misalnya : liputan6@sctv.co.id (crew acara Liputan6 di SCTV ylbhi@ylbhi.org (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia) kompas@kompas.com (Surat Kabar Harian Kompas) Selain itu, dari bagian paling belakang dari sebuah email kita bisa memperoleh beberapa dugaan mengenai pemiliknya. biasanya ini dimiliki oleh perusahaan komersial atau usaha bisnis lainnya. biasanya menunjukkan bahwa pemiliknya adalah sebuah universitas atau institusi pendidikan, seperti humas@maranatha.edu.gov,dimilikiolehinstansipemerintah,.mil,dimilikiinstansimiliter, Bagi email server yang letaknya di luar Amerika, seringkali alamat emailnya diberi identitas sesuai nama negaranya. Sebagai contoh id (Indonesia), au (Australia), uk (United Kingdom), ca (Canada), nz (New Zaeland), dan sebagainya.

Jenis Email

Dari Mekanismenya Dalam perkembangannya, email ternyata tidak hanya seperti yang dideskripsikan pada bagian II. Lebih detil, dari mekanisme pengiriman dan penerimaannya terdapat beberapa jenis sebagai berikut :
  1. POP Email
                Email jenis ini adalah persis seperti yang telah dijelaskan pada bagian II di atas. POP singkatan dari Post Office Protocol. Jadi, jalan yang dilalui sebuah email mirip dengan yang dialami oleh sebuah snail mail, yang mesti melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Akan halnya dengan email, sebuah email akan melewati beberapa komputer yang berperan sebagai router atau email server, sebelum akhirnya tiba pada email server yang ada pada ISP di mana alamat email kita terdaftar.
  2. Web-based Email / email gratis
                Web-based Email, atau email berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa email kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki account email sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke email server, tapi ke sebuah web server. Jadi, orang yang akan mengirimkan email pertama-tama harus mengikuti prosedur untuk membuat sebuah account email yang pada umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki sebuah account email dengan user name yang telah kita tentukan dan domain name yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa email gratis ini, termasuk dengan password. Bila kita akan menulis sebuah email, email tersebut tidak ditulis pada email client yang konvensional tapi pada sebuah kolom / halaman khusus yang disediakan untuk itu. Pada kolom / halaman tersebut sudah lengkap tersedua bagian-bagian yang bisa diklik, untuk mengirimkan, menyimpan, dan sebagainya.
Bila kita akan mengecek apakah ada email yang ditujukan untuk kita maka kita akan harus masuk ke bagian inbox yang tentu disediakan di halaman tertentu di website yang memberikan jasa email semacam ini. Sekali lagi , semuanya tidak menggunakan email client, seperti yang saya tulisakan di atas, tapi fasilitas yang dibuat khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyak sekali, seperti hotmail.com, yahoo.com, mailexcite.com, astaga.com, dan sebagainya. Email Forwarder Email Forwarder adalah sebuah fasilitas yang dulu banyak tersedia secara gratis, tapi kini sudah banyak yang komersial, dalam arti menuntut kita untuk membayar sejumlah uang tertentu.

Pengertian email forwarder adalah sebuah cara untuk membuat alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Sebagai contoh, alamat email saya yang sebenarnya adalah tomita@bdg.centrin.net.id, akan tetapi saya masih bisa menerima email dari manapun juga yang dialamatkan ke agnolia@bigfoot.com pada inbox untuk alamat email saya yang asli. Dalam hal ini agnolia@bigfoot.com adalah sebuah email forwarder, karena semua email yang ditujukan kepada alamat itu akan diteruskan lagi ke alamat yang sebenarnya (tomita@bdg.centrin.net.id). Orang menggunakan email forwarder dengan berbagai macam alasan.
Mungkin alamat email yang sebenarnya dirasakan terlalu jelas menunjukkan identitas seseorang, seperti ISP yang digunakan, atau negara asal pengirim. Alasan lain boleh jadi adalah bila seseorang ingin anonim dalam sebuah forum diskusi tertentu, atau mungkin menggunakan sebuah email forwarder dan dengan identitas yang sama sekali lain. Ada pula yang menggunakan email forwarder untuk menghindari kemungkinan menerima spamming (lihat bagian Email Abuse di bagian VII).
Dari Segi Format Isi
Pengertian format isi di sini adalah bagaimana penampakan visual sebuah pesan email.
Ada dua macam yaitu :
  1. Plain Text
    Dengan plain text, dimaksudkan bahwa tulisan yang kita ketikkan hanya berupa data dalam format ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Tulisan yang disajikan dalam format plain text sama sekali tidak memungkinkan kita untuk membuat modifikasi pada tampilan visualnya, seperti membuat tebal, atau membuat miring sebuah teks, mengganti warna, ukuran huruf, latar belakang, atau membubuhkan hiasan-hiasan tertentu.
  2. HTML
    HTML singkatan dari HyperText Mark-up Language, yaitu sebuah bahasa standard yang digunakan untuk menampilkan / mengatur penampilan materi-materi informasi di internet. Email yang ditulis dengan menggunakan format HTML akan memungkinkan isinya disusun secara variatif, mulai dari pengaturan huruf, warna, lay out, sampai peletakan gambar. Seringkali bila kita mengirim email ke sebuah forum diskusi / milis ada himbauan untuk hanya mengirimkan email dalam format plain text saja.
Hal ini disebabkan biasanya email dalam format HTML memiliki ukuran yang lebih besar dari yang berformat plain text. Alasan lain adalah karena tidak semua orang dalam sebuah milis menggunakan email client yang bisa menampilkan HTML, sehingga ketika sebuah email HTML dibuka, isinya hanya serangkaian kode-kode yang tidak bisa dipahami sama sekali. Sebenarnya hampir semua email client dewasa ini sudah mendukung format HTML, sehingga kini jarang ditemui keluhan seseorang yang tidak bisa membaca sebuah email, hanya karena email yang dibacanya itu dibuat dalam format HTML. Banyak orang yang memang tidak peduli apakah plain text atau HTML, tapi pertanyaannya ; bila dengan format yang sederhana saja sudah bisa menyampaikan pesan, mengapa mesti dengan HTML ?
Variasi Bentuk
Komunikasi Dengan Email Dalam beberapa hal email memang meniru snail mail, meskipun jelas email memiliki banyak kelebihan lain. Ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan email. Sekurang-kurangnya ada lima macam, yaitu :
1.      Point to Point
      Maksudnya adalah mengirimkan email langsung ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia terdapat kesepakatan di antara mereka yang sering berkirim email bahwa cara ini dinamakan japri, singkatan dari jalur pribadi.
2.      Carbon Copy / CC
      Pengertian carbon, di sini analog dengan bila kita mengetik surat (dengan mesin tik konvensional!) menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan salinannya. Maksudnya adalah sebuah email, selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian yang diawali dengan "TO", sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada
bagian "CC".
3.      Blind Carbon Copy / BCC
      Ini adalah variasi dari CC. Orang yang menerima email yang alamatnya dituliskan pada bagian "TO" oleh si pengirim, bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat email mana saja email tersebut dikirimkan sebagai tembusan. Ini karena ia bisa langsung melihat pada bagian "CC". Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan sebuah email kepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk itulah digunakan BCC. Beberapa email client menyediakan bagian "BCC", selain "TO" dan "CC". Pada Outlook Express ver. 5.01 bagian BCC baru bisa tampak bila kita masuk ke sebuah email baru dan mengklik pilihan View dan All Headers.
4.      Distribution List
      Pengertian distribution list agak berbeda dengan tiga varian bentuk sebelumnya, karena ini lebih berkenaan dengan pengaturan distribusi email yang dilakukan secara eksternal, artinya tidak terintegrasi dengan email client yang digunakan. Yang dimaksud dengan distribution list adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan email secara satu arah.
     Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu (pengumuman, berita harian, update mengenai perkembangan suatu proyek, buletin, jurnal, dan sebagainya), akan tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para penerima emailnya. Untuk itu yang harus dilakukan adalah membuat sebuah alamat tertentu khusus untuk keperluan ini. Bila pengelola distribution list mengirimkan sebuah email ke alamat tersebut, maka alamat itu akan mem-forward email tadi ke semua alamat email yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution list.
Untuk menjadi pelanggan, biasanya para calon pelanggan diminta untuk mengikuti prosedur tertentu yang ditetapkan oleh si pengelola. Bisa pula si pengelola yang memasukkan alamat email mereka ke database pelanggan secara manual.
5.      Discussion List
      Discussion list seringkali juga disebut mailing list atau lebih populer dengan milis. Pengertiannya hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan siapa saja yang tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon terhadap sebuah email. Akan tetapi belum tentu semua orang bisa begitu saja mengikuti sebuah milis. Kadang-kadang ada milis untuk kalangan yang terbatas, sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja.
     Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah milis pertama-tama seseorang mesti melakukan proses subscription (mendaftar) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang administratur yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung. Akan tetapi kadang-kadang ada juga milis yang mempersyaratkan calon anggota untuk memberikan keterangan mengenai jati dirinya sebelum permohonan bergabung disetujui. Bila seorang administratur milis menyetujui permohonan untuk bergabung, biasanya tak lama kemudian akan dikirimkan informasi mengenai tatacara pengiriman email dan keterangan-keterangan lainnya tentang milis tersebut; tujuan milis, yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, cara keluar dari milis, alamat email administratur, dan sebagainya.
·       ETIKA PENULISAN E-MAIL

            Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi  melalui e-mail.  Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau  bertatap muka, berkomunikasi dengan e-mail butuh tatacara   sendiri. Bisa dibayangkan.  Hampir setiap hari ada jutaan e-mail dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang.

            Maka salah-salah kata, bisa berarti fatal. Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya  pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya kira begitu", atau "betul."

Hal-hal untuk mencegah agar tidak terjadi kesalahan kata
  1. Jangan terlalu banyak mengutip.
  2. Perlakukan e-mail secara pribadi.
  3. Jangan gunakan huruf kapital.
  4. Jangan Membicarakan Orang Lain.
  5. Jangan gunakan CC.
  6. Jangan gunakan format HTML
  7. Jawablah Secara Masuk Akal 
  8. Biasakan menggunakan bahasa yang baik. 
  9. Biasakan menulis email dengan pendek.
  10. Belajar menulis email dengan jujur.
  11. Gunakan email bila diperlukan saja.
  12. Atur waktu-waktu tertentu untuk menjawab email
  13. Waktu 5 menit untuk menerima dan membalas email.
  14. Kalimat yang lengkap dan jelas.
  15. Jangan melepaskan uneg-uneg dan kekesalan lewat email.
  16. Terbuka bagi siapa saja
            Cara Anda menulis email merefleksikan banyak hal. Status Anda di tempat kerja, cara Anda bekerja, tingkat stres, bahkan kepribadian Anda. Email, atau surat elektronik, merupakan cara berkomunikasi yang sangat penting bagi para atasan. Sebaliknya, email juga dapat disalahgunakan bila digunakan dengan cara yang salah. Berikut ini 10 dasar kiat menggunakan email yang baik.
1. Email bukan satu-satunya cara berkomunikasi
            Email merupakan cara berkomunikasi yang cepat, mudah, serta dapat disimpan. Email sanggup mengirimkan pesan ke seluruh dunia hanya dengan mengklik mouse. Tetapi email juga dapat menyesatkan para atasan untuk berpikir bahwa mereka dapat mengatur pegawainya hanya melalui email. Jadi, gunakan email secara bijaksana tetapi jangan mengatur perusahaan melalui email. Anda tidak dapat mendekati semua orang yang ingin Anda dekati hanya melalui email, karena kehadiran Anda tidak dirasakan.
2. Tuliskan email secara pendek dan dengan kata-kata yang baik
            Hindari menulis email yang sangat panjang. Melihat email yang panjang biasanya membuat orang malas membacanya, sehingga bisa jadi baru dibaca pada sore atau bahkan keesokan harinya. Anda harus tahu, kapan waktunya harus berbicara langsung dengan orang yang Anda tuju dengan mendatanginya atau cukup melalui telepon.
3. Tulis isi email dengan jelas
            Ungkapkan maksud Anda dengan jelas. Perjelas mengenai hal yang diprioritaskan dan hal yang harus dikerjakan. Sertakan tombol jawaban agar Anda tahu bahwa email Anda sudah dibaca dan dimengerti oleh orang yang dituju.
4. Terbuka terhadap pertanyaan
            Dukung pegawai untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Dengan demikian memperlihatkan bahwa Anda selalu terbuka bagi mereka.
5. Ungkapkan kemarahan lewat tatap muka langsung
            Isi email yang penuh amarah atau yang berisi kritikan dapat merupakan awal dari keributan. Persingkat email Anda agar tidak ada salah interpretasi pada yang menerimanya. Kendalikan pesan yang disampaikan, serta kendalikan juga perasaan Anda pada waktu menulis email tersebut. Dengan menelepon atau mendatangi langsung orang yang bersangkutan, merupakan cara yang jauh lebih baik bila ada hal-hal yang tidak memuaskan yang perlu dibicarakan.
6. Batasi email humor
            Muka yang tersenyum memperlihatkan bahwa Anda sedang membaca sesuatu yang lucu. Tetapi terlalu banyak tersenyum akan mengganggu pada waktu Anda harus menulis email yang serius. Beberapa perusahaan melarang mengirimkan email yang berisi lelucon karena mengganggu waktu bekerja Anda.
7. Lima menit antara waktu menerima dan membalas email
            Waktu lima menit merupakan waktu yang wajar dalam menjawab email. Bila pada saat akan menulis email Anda sedang marah, sebaiknya tunda dulu. Berdiri dari kursi kerja Anda, jalan di sekitar ruang kerja atau lakukan sesuatu sebelum mulai menulis email kembali.
8. Setiap hari tentukan waktu untuk menjawab email
            Bila Anda sibuk, delegasikan kepada seseorang untuk menjawabnya (sekretaris atau bawahan Anda yang lain).
9. Belajar menulis email yang baik
            Menulis email yang baik memerlukan latihan. Email harus memiliki beberapa peran dalam komunikasi Anda, apakah dengan para pegawai, teman usaha, atau dengan yang lainnya. Anda harus menyadari, tidak semua orang ataupun pegawai bisa bertemu muka dengan Anda secara teratur sehingga tidak dapat disalahkan bila mereka memberikan penilaian tertentu terhadap cara Anda menuliskan email.
10. Gunakan bahasa yang baik
            Hindari kesalahan mengetik dan penggunaan kata-kata yang berantakan serta kata-kata klise.

1 komentar: